Pages

Minggu, 08 Maret 2009

KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR

Indikator Keberhasilan Belajar Mengajar

Keberhasilan atau kegagalan dalam proses belajar megajar merupakan sebuah ukuran atas proses pembelajaran. Apabila merujuk kepada rumusan operasional keberhasilan belajar, maka dikatakan berhasil apabila diikuti ciri - ciri:
1. Daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu mupun kelompok.
2. Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran khusus ( TPK ) telah dicapai oleh siswa baik secara individual maupun kelompok.

3. Terjadinya proses pemahaman materi yang secara sekuensial ( sequential ) mengantarkan materi tahap berikutnya.

Ketiga ciri keberhasilan belajar di atas bukanlah semata - mata keberhasilan dari segi kognitif, tetapi mesti melumat aspek - aspek lain, seperti aspek afektif dan aspek prikomotorik. Pengevaluasian salah satu aspek saja akan menyebabkan pengajaran kurang memiliki makna bersifat komprehensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar