Indikator Keberhasilan Belajar Mengajar
Keberhasilan atau kegagalan dalam proses belajar megajar merupakan sebuah ukuran atas proses pembelajaran. Apabila merujuk kepada rumusan operasional keberhasilan belajar, maka dikatakan berhasil apabila diikuti ciri - ciri:
1. Daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu mupun kelompok.
2. Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran khusus ( TPK ) telah dicapai oleh siswa baik secara individual maupun kelompok.
3. Terjadinya proses pemahaman materi yang secara sekuensial ( sequential ) mengantarkan materi tahap berikutnya.
Ketiga ciri keberhasilan belajar di atas bukanlah semata - mata keberhasilan dari segi kognitif, tetapi mesti melumat aspek - aspek lain, seperti aspek afektif dan aspek prikomotorik. Pengevaluasian salah satu aspek saja akan menyebabkan pengajaran kurang memiliki makna bersifat komprehensif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar