Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode TEKS ACAK
Strategi ini sangat baik digunakan untuk mata kuliah bahasa, meskipun dapat juga digunakan untuk mata kuliah yang lain. Dengan strategi ini, siswa/mahasiswa dituntut untuk berpikir logis dengan mengurutkan suatu alur cerita atau bacaan.
LANGKAH-LANGKAH
1.Pilih bacaan yang akan disampaikan.
2.Potong bacaan tersebut menjadi beberapa bagian. Potongan bisa dilakukan per kalimat, atau per dua kalimat.
3.Bagi siswa/mahasiswa menjadi beberapa kelompok kecil.
4.Beri setiap kelompok satu bacaan utuh yang sudah dipotong-potong.
5.Tugas siswa/mahasiswa adalah menyusun bacaan sehingga dapat dibaca dengan urut.
6. Pelajari teks bacaan dengan siswa/maha¬siswa, dengan cara yang anda kehendaki.
Untuk mata kuliah bahasa Inggris dengan materi reading comprehension dapat dilakukan seperti pada contoh di bawah ini;
Reading Text
Potongan Teks 1.
Ali who was working a long way from home, wanted to send a letter to his wife, but he could neither read nor write,
Potongan teks 2
and he had to work all day, so he could only look for somebody to write his letter late at night.
At last he found the house of a letter-writer whose name was Nasreddin
Potongan Teks 3
Nasreddin was already in bed. 'It is late', he said. 'What do you want?' Nasreddin was not pleased.'I want you to write a letter to my wife,' said Ali. He thought for a few seconds and then said, 'Has the letter got to go far?' 'What does that matter?' answered Ali.
Potongan Teks 4
'Well, my writing is so strange that only I can read it,and if I have to travel a long way to read your letter to your wife,it will cost you a lot of money.' Ali went away quickly.
Bacaan di atas sudah dipisahkan sesuai dengan potongan-potongan yang akan dibagikan ke pada mahasiswa. Jika dianggap terlalu sulit, pemotongan teks dapat dilakukan lebih sedikit, atau kalau terlalu mudah pemotongannya ditambah.
0 komentar:
Posting Komentar